Daftar periksa: Sepuluh langkah menuju dapur impian Anda

tháng 3 năm 21Nhà bếpTính công thái học, Lối sống, Thiết kế
Dapur tanpa mengorbankan desain – dirancang dengan saksama hingga detail terakhir dan dengan fungsionalitas lengkap. Siapa yang tidak menginginkannya? Perencanaan dapur harus sempurna agar dapur impian dapat terwujud. Sepuluh langkah dalam daftar periksa Blum membantu Anda merencanakan dapur impian dan menunjukkan apa yang perlu Anda ingat.

Siapa pun yang membeli dapur bukan sekadar melakukan investasi besar, tetapi juga komitmen untuk puluhan tahun ke depan. Itulah sebabnya setiap detail harus sempurna. Kami telah menyusun daftar periksa untuk memastikan agar Anda siap menemui tukang kayu atau studio dapur. Kami menyarankan sepuluh hal yang perlu Anda pertimbangkan saat merencanakan dapur ideal – mulai dari fungsionalitas hingga kenyamanan.

1. Ketahui kebutuhan Anda

Dapur Anda harus sesuai dengan diri Anda. Kebiasaan Anda penting, karena menu multihidangan membutuhkan lebih banyak ruang di meja kerja dapur daripada camilan cepat saji, dan resep masakan mewah sering kali memerlukan peralatan memasak khusus.

Perhatikan cara Anda menggunakan dapur selama beberapa hari dan tanyakan pada diri Anda:

  • Di mana Anda paling sering bekerja?

  • Berapa luas meja kerja yang Anda butuhkan?

  • Apakah Anda biasanya memasak sendiri atau bersama orang lain?

  • Apakah Anda sering kedatangan tamu?

  • Apa saja peralatan yang paling sering Anda gunakan?

  • Apakah orang yang lebih sering memasak kidal atau tidak?

Buatlah beberapa catatan – ini akan memastikan bahwa Anda memiliki semua informasi penting saat membuat perencanaan dengan desainer di studio dapur dan tidak akan melupakan apa pun.

Dapur ideal Andaharus sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan Anda.

4. Pertimbangkan kabinet Anda

Perhatian khusus perlu diberikan pada kabinet dapur terkait masalah ruang penyimpanan, karena penting untuk menjaga segala sesuatunya tetap rapi dan tertata. Pakar dari riset kebutuhan Blum merekomendasikan hal berikut saat mendesain kabinet:

  • Unit penyimpanan dan kabinet bawah sebaiknya menggunakan tarikan, bukan rak, untuk memastikan Anda selalu mengetahui isinya. Sudut terjauh dari ruang penyimpanan sekalipun dapat digunakan dan piring, mangkuk, panci, dan wajan jauh lebih mudah untuk dikeluarkan.

  • Untuk kabinet atas, sebisa mungkin gunakan pintu dengan sistem bukaan ke atas, bukan pintu biasa. Pintu tidak menonjol ke luar sehingga menjamin kebebasan bergerak yang maksimal di dapur.

6. Pilih ketinggian meja kerja yang tepat

Ketinggian meja kerja yang tepat akan membantu mempertahankan postur ergonomis yang benar. Dengan demikian, punggung Anda dapat terhindar dari rasa sakit, bahkan saat melakukan pekerjaan rumit di dapur. Ketinggian meja kerja yang ideal biasanya 15 hingga 20 cm di bawah siku dengan lengan ditekuk.

Pilih ketinggian meja kerja di dapur baru Anda berdasarkan siapa yang paling sering memasak di sana. Jika beberapa orang dengan tinggi yang berbeda menggunakan dapur tersebut, Anda disarankan untuk menggunakan meja dengan ketinggian yang dapat diatur atau meja dengan ketinggian yang berbeda. Konsultasikan dengan perencana dapur tentang pilihan yang tersedia untuk situasi pribadi Anda.

7. Buat dapur Anda senyaman mungkin

Sebesar apa pun semangat memasak, Anda mungkin akan menghabiskan beberapa jam dalam seminggu di dapur. Itulah sebabnya dapur harus nyaman digunakan. Hal ini berlaku untuk setiap gerakan kecil – seperti membuka dan menutup laci. Dapur dengan bagian depan tanpa hendel yang dilengkapi dukungan sistem bukaan saat ini sedang menjadi tren. Tidak hanya tampak elegan, solusi ini juga terbukti praktis digunakan, karena hanya diperlukan sedikit sentuhan agar tarikan dapat terbuka dengan sendirinya. Tarikan berisi tempat sampah di bawah sink sangat berguna, karena tangan Anda sering kali sibuk mengerjakan banyak hal di area ini.

Aksesori praktis disimpan dengan mudahdengan sistem sekat bagian dalam yang serasi.

9. Manfaatkan aksesori dapur yang praktis

Membahas mengenai isi laci, ada aksesori kecil di dalam laci yang bisa sangat membantu aktivitas memasak Anda sehari-hari. Anda perlu mengandalkan sistem sekat seperti AMBIA-LINE atau ORGA-LINE dari Blum yang dapat digunakan untuk menyimpan aksesori semacam ini – memastikan semuanya memiliki tempat tersendiri di dapur sejak awal:

  • Anda dapat dengan mudah mengambil bumbu yang tepat berkat rak bumbu.

  • Tempat pisau di laci memudahkan Anda mengambil peralatan paling penting di antara berbagai peralatan memasak.

  • Tempat piring di kabinet bawah memastikan keteraturan dan visibilitas yang baik. Piring dapat ditumpuk dengan aman sehingga tidak ada yang berdenting.

  • Berkat dispenser foil/film di dalam laci, Anda dapat dengan cepat dan efisien memotong aluminium foil dan cling film sesuai panjang yang diinginkan.

10. Uji desain dapur Anda sebelum memasangnya

Saat membeli mobil baru, uji coba sangatlah penting. Hal ini juga berlaku ketika membeli dapur baru – terutama karena sering kali harga dapur baru tidak kalah mahalnya dengan mobil baru. Di Blum, Anda dapat mencoba dapur yang Anda inginkan selama tahap desain. Kami dapat mewujudkan tata letak dapur yang telah Anda rencanakan sesuai model seukuran aslinya menggunakan kabinet mobile di banyak showroom Blum. Hal ini memungkinkan Anda merasakan dimensi, alur kerja, dan potensi hambatan, sebelum melakukan pemesanan. Anda juga dapat memodifikasi desain dapur sesuai kebutuhan – sebuah jaminan bahwa Anda melakukan investasi yang tepat dan dapur impian Anda segera menjadi kenyataan.

Cara mendesain dapur impian Anda

  • Sebelum proses desain, amati kebiasaan berbelanja dan memasak sehingga Anda dapat menyesuaikan dapur baru sesuai kebutuhan – mulai dari ruang penyimpanan dan meja kerja hingga sistem sekat bagian dalam di laci.

  • Rencanakan kabinet dapur dengan mempertimbangkan ruang penyimpanan dan fungsionalitas – misalnya, konsultasikan dengan tukang kayu atau studio dapur Anda mengenai solusi untuk kabinet yang inovatif. Pilih tarikan dan sistem bukaan ke atas alih-alih pintu untuk memastikan visibilitas yang jelas dan kebebasan bergerak.

  • Bagilah dapur menjadi lima zona – Barang habis pakai, Barang tidak habis pakai, Kebersihan, Persiapan, dan Memasak – serta pastikan penempatan kabinet, peralatan dapur, dan peralatan makan yang paling ideal di dalam zona-zona ini untuk alur kerja yang efisien.

  • Sesuaikan ketinggian ruang meja kerja dapur dengan pengguna yang menghabiskan sebagian besar waktunya di dapur.

  • Jangan lupakan kenyamanan – misalnya dengan dukungan sistem bukaan dan aksesori praktis.

  • Jadwalkan uji coba dapur di showroom Blum di Dornbirn untuk mencoba langsung desain Anda.

Bạn có câu hỏi hoặc ý tưởng muốn chia sẻ?

Chúng tôi mong muốn được lắng nghe từ bạn.